Cara Menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi

 on 31 Agustus 2019  

Sobat, ada yang bertanya nih… Berapa ya kak Laju Pertumbuhan Ekonomi kita???
Nah, sebelum dijawab sudah tahukan apa yang dimaksud Laju Pertumbuhan Ekonomi itu sendiri ??? Ingin tahu tetap simak paparan dibawah ini ya

Laju Pertumbuhan Ekonomi adalah ukuran pertumbuhan ekonomi dari satu periode ke periode lain menggunakan prosentase. Bisa kita artikan begini, Laju pertumbuhan ekonomi riil adalah laju perubahan/ pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara dari satu tahun ke tahun lainnya.

PDB sendiri adalah nilai pasar dari semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam periode waktu tertentu

Tingkat pertumbuhan ekonomi ini sob menunjukkan perubahan suatu pendapatan negara atau ekonomnya, selama periode waktu tertentu. Umumnya, ini diperiksa setiap triwulan, tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi dapat diamati dalam rentang waktu yang lebih besar, seperti
tahun ke tahun (YoY), atau dekade ke dekade.

Berikut cara menghitung Pertumbuhan Ekonomi menggunakan PDB :

Pertumbuhan Ekonomi = PDB tahun sekarang dikurangi PDB tahun sebelumnya dan hasilnya dibagi PDB tahun kemarin.
Setelah kita hitung maka akan terlihat perubahan ekonomi, bisa positif atau negatif. Jika suatu ekonomi mengalami dua kuartal berturut-turut dengan penurunan tingkat pertumbuhan, dapat dikatakan bahwa ekonomi  jatuh ke dalam resesi (penurunan). Jika ekonomi mulai menyusut, tingkat persentase dapat dinyatakan sebagai negatif untuk menunjukkan pendapatan yang hilang selama periode waktu yang diperiksa. 
Yuk kita praktik Sob, Menurut BPS, PDB/GDP Indonesia tahun 2018 mencapai 14.837,4 T, angka tersebut lebih baik dari tahun 2017 sekitar 13.587,2 T, Alhamdulillah ada kenaikan.
Kita masukkan ke dalam rumus ya



Jadi Pertumbuhan Ekonomi kita sekitar 9,20 %



Tidak ada komentar:

J-Theme