Suksesmu Hasil Gerakanmu sesuai Hukum Newton 1 (Hukum Kelembaman)

 on 27 Agustus 2019  

Seorang motivator Tung Desem Waringan pernah berkata "Seiring berjalannya waktu: belajarlah dari masa lalu, bersiaplah untuk masa depan, dan berikanlah yang terbaik untuk hari ini". 

Sobat, pada saat memberikan tes micro teaching & interview calon tutor mata pelajaran Fisika kemarin, ada sang calon tutor yang menerangkan tentang bab Gaya, diantaranya adalah hukum 1 Newton.

Walau baground saya bukan jurusan IPA tetapi senang sekali mendengar hukum ini bila dikaitkan dalam kehidupan kita. 

Hukum I Newton disebut juga hukum kelembaman, artinya pada dasarnya setiap benda bersifat lembam , yaitu berusaha mempertahankan keadaannya. Maksudnya bila benda dalam keadaan diam maka akan berupaya diam selamanya dan jika benda dalam keadaan bergerak akan berupaya bergerak selamanya, hehehe semoga bisa memahaminya ya ...😊 

Sifat kelembaman benda sebanding dengan massa benda. Semakin besar massa benda, semakin besar pula sifat kelembamannya. Saya ambilkan contoh Hukum I Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari


Gambar (a) : Menggambarkan seseorang sedang menarik seekor kambing dalam keadaan diam.
Gambar (b) : Menggambarkan seseorang sedang menarik seekor kerbau dalam keadaan diam.

Dari sini dapat kita lihat orang digambar (a) lebih mudah menggerakkan seekor kambing yang diam dibanding menggerakkan seekor kerbau yang diam. Sebab massa kambing lebih kecil dibanding massa kerbau, sehingga sifat kelembaman kambing lebih kecil dibanding sifat kelembaman kerbau. he3x menirukan guru fisika.🙇

Contoh Hukum kelembaman lainya dalam kehidupan ini adalah dapat terlihat pada pemain ice skating. Ketika pemain meluncur tanpa menggerakkan tenaga, maka tidak ada gaya yang bekerja pada pemain tersebut, tetapi pemain tersebut dapat terus meluncur dengan kecepatan yang hampir tetap. Hal ini disebabkan karena lapangan yang sangat licin sehingga gaya gesekan yang terjadi hampir tidak ada atau sama dengan nol.

Sobat semua, jika kita mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata hukum kelembaman ini sering berlaku kepada kita, waktu kehidupan terus berputar dan tergantung kepada pilihan kita mau diisi dengan hal yang bermanfaat atau tidak. Bila kita pasif, diam dan tak berbuat apa-apa maka jangan berharap kesuksesan akan datang menemu kita. Tetapi justru seebaliknya bila kita berusaha aktif, bergerak dan bermanfaat ternyata membawa kita kepada kesuksesan.

Perjuangan manusia di dunia ini penuh dengan lika liku dan dinamika yang dinamis. Selalu ada masalah ataupun ujian untuk kita sebagai manusia, dan hal inilah indahnya kehidupan, berat di awal tetapi akan mudah di kemudian waktu. Saat kita naik sepeda pancal, pertama saat memancal sepeda kita terasa berat tetapi setelah itu akan menjadi lebih ringan. ("fainnama'al 'usri yusro.. innama'al 'usri yusro, dibalik kesulitan ada kemudahan” QS AL-Insyirah 5-6).

Sahabat, apabila saat ini ada diantara kita mendapat tantangan/ ujian bisa jadi inilah awal pembuka jalan dari Allah untuk menggapai cita-cita menuju kesuksesan kita, Insya Allah.

Semoga Sukses & bermanfaat untuk semua, aamiin,
Maaf bila ada yang ingin didiskusikan share ke kolom bawah ya atau DM via IG @bagussulaks

 terimakasih.
Yakusa (Yakin Usaha Sampai)

baca juga
# Menjadi Pribadi Baru



Tidak ada komentar:

J-Theme