Menghitung Soal Elastisitas dan Pembahasannya

 on 26 Agustus 2019  

Apapun yg terjadi dalam hidupmu, selalu ada pelajaran yg kamu dapatkan. Pelajaran yg sangat berharga yg buatmu kian dewasa

Sobat dalam hidup ini pasti tantangan masalah dan cobaan selalu ada mengunjungi kita, tetapi ini pembeda antara the winner atau the losser dengan melihat dari sudut pandang berbeda.

Bagi the winner segala masalah yang ada adalah peluang untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik hingga pemenang. Tetapi dari sudut pandang The losser masalah adalah hambatan yang akan menjatuhkan dirinya dalam mencapai keberhasilan.


Baiklah diatas adalah sedikit untaian kata mutiara penyejuk jiwa 😋, beberapa waktu yang lalu ada sobat yang menanyakan soal dibawah ini.

Diketahui fungsi permintaan Qd = 20 – 4P. berdasarkan fungsi tersebut maka besarnya koefisien elastisitas permintaan pada saat P = 4 adalah ……
A. 0,25
B. 1,00
C. 4,00
D. 8,00
E. 16,00

Pembahasan :

Oke, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kakak jelasin dulu ya untuk apa sih sebenarnya kita mempelajari elastisitas??? jawabnya elastisitas bisa digunakan mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga. So untuk mencari jawaban soal diatas dapat dikerjakan dengan rumus berikut :

Elastisitas = Q'x P/Q , untuk itu dicari fungsi turunan Q dan nilai Q

# Mencari fungsi turunan dari permintaan Q terlebih dahulu
Qd = 20 - 4P, maka fungsi turunannya adalah Qd'= -4

# Mencari Q = 20 - 4P >>> Q = 20 - 16 = 4
maka Elastisitasnya = -4 x 4/4 = -4, hukum mutlak dalam elastisitas yang membuat positif, sehingga jawabannya menjadi 4 (termasuk elastis)

atau dengan rumus bapakq atau (b.p/q), angka yang menempel P dianggap b, sehingga b = -4, yuk dimasukkan ke rumus bapakq
Elastisitas = -4x4/4 = -4 (sama dengan rumus diatas), tinggal memilih memakai rumus yang mana

oke, bila ada yang kurang jelas atau sharing atau request soal bisa komen dikolom bawah ya

semoga bermanfaat, aamiin

#Cara Menghitung Transfer Payment 
#soalpembahasanekonomi



4 komentar:

Anonim mengatakan...

ALhamdulillah

Unknown mengatakan...

Terimakasihh Kak

Unknown mengatakan...

Terimakasih kak

Unknown mengatakan...

Terimakasih kakak

J-Theme